Sabtu, 03 November 2012

Masuknya Islam ke Indonesia


Ada beberapa pendapat yang menjelaskan tentang bmasuknya agama islam ke Indonesia. Pendapat tersebut berdasarkan pada bukti-bukti yang ditemukan. Ada pendapat yang menyatakan bahwa agama islam masuk ke Indonesia sejak abad ke-7 Masehi. Pendapat ini didasarkan pada berita yang diperoleh dari para pedagang arab. Para pedagang arab telah menjalin hubungan dagang dengan Indonesia pada masa perkembangan kerajaan Sriwijaya abad ke-7 Masehi. Wilayah Indonesia yang pertama kali menerima pengaruh Islam adalah daerah pantai Sumatra Utara atau wilayah samudra Pasai. Samudra Pasai merupakan pintu gerbang menuju wilayah Indonesia lainnya.
Dari Samudra Pasai, agama islam menyebar ke Malaka dan selanjutnya ke pulau Jawa melalui jalur perdagangan. Masuknya agama islam ke pulau Jawa pada abad ke-7 masehi didasarkan pada berita dari china masa pemerintahan dinasti Tang. Berita itu menyatakan tentang adanya orang-orang Ta’shih (Arab dan Persia) yang mengurungkan niatnya untuk menyerang kaling dibawah pemerintahan ratu Sima.
Pendapat lain berpendapat bahwa agama Islam baru masuk ke Indonesia abad ke-11 Masehi. Pendapat ini didasarkan pada sebuah bukti penemuan batu nisan Fatimah Binti Maimun di leran di gresik Jawa Timur. Nisan ini berangka tahun 1082 M.
Para ahli yang lain berpendapat bahwa agama Islam baru masuk ke Indonesia pada abad ke 13 M. Pendapat ini didasarkan pada masa runtuhnya Dinasty Abbassiah di bagdad (1258 M), berita dari Marcopolo (1219), Batu nisan kubur Sultan zmalik Al Shaleh yang berangka tahun 1297 M di Samudra Pasai, dan berita dari Ibnu Battuta (1354 M). Pendapat itu juga diperkuat dengan masa penyebaran ajaran tasawuf di Indonesia.
Masa proses penyebaran Islam di Indonesia berlangsung dalam waktu yang lama dari abad ke-7 sampai ke abad 13 M. Parabpedagang dari arab, persia, dan para pedagang dari Gujarab (india) makin Intensif menyebarkan Islam didaerah yang mereka kunjungi, terutama didaerah-daerah pusat perdagangan. Di samping itu, para pedagang Indonesia yang telah masuk Islam dan para mubaligh Indonesia ikut berperan dalam penyebaran Islam di berbagai Wilayah Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar